Tips Menyusun Annual Report Sesuai Kriteria ARA

Annual Report atau Laporan Tahunan merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang berhasil diraih perusahaan atau organisasi dalam satu tahun. Laporan Tahunan memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai sumber informasi mengenai perkembangan perusahaan atau organisasi, dan pencapaian yang telah berhasil dilakukan. Laporan Tahunan juga dapat dipergunakan sebagai media pemasaran dan promosi untuk meningkatkan daya tarik perusahaan di mata pemegang saham dan pemangku kepentingan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak menjadikan kegiatan menyusun dan menyerahkan Laporan Tahunan sekadar kegiatan rutin; OJK membuatnya menjadi sebuah ajang kompetisi yang bagi banyak perusahaan menjadi satu lagi sarana untuk semakin menonjolkan kinerja mereka selama satu tahun terakhir. Ajang kompetisi yang dimaksud adalah ajang Annual Report Award (ARA).

ARA telah menjadi semacam tantangan menarik bagi perusahaan-perusahaan untuk menyusun Laporan Tahunan terbaik untuk mendapatkan penghargaan prestisius ini. Dan untuk itu, sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui cara membuat Annual Report sesuai kriteria OJK. Dengan mengetahui kriteria agar memenuhi syarat ikut serta dalam ARA, perusahaan akan mendapatkan sejumah keuntungan, terutama berpeluang lebih besar untuk memenangkan Anugerah ARA yang sangat prestisius di kalangan para pengelola perusahaan.

Lalu, seperti apa kriteria yang ada pada Annual Report Award? Bagaimana menyusun Laporan Tahunan Perusahaan berdasarkan kriteria-kriteria tersebut?

  1. Umum

Kriteria ini mengenai penggunaan bahasa yang dipakai dalam Laporan Tahunan. Disarankan untuk menggunakan dua bahasa, baik dalam satu atau dalam dua buku terpisah, yakni versi Bahasa Indonesia dan versi Bahasa Inggris.

Penggunaan jenis dan ukuran huruf yang mudah terbaca juga merupakan hal mendasar yang harus diperhatikan, dan Laporan Tahunan harus dicetak dengan kualitas yang baik.

  1. Ikhtisar Data Keuangan Penting

Ikhtisar Data Keuangan Penting merujuk kepada penyajian informasi mengenai posisi keuangan, hasil usaha dan rasio keuangan dari perusahaan sesuai dengan standar industri yang berlaku. Informasi tersebut dapat disajikan dalam bentuk perbandingan 3 tahun atau 5 tahun, dengan tampilan desain yang menarik.

  1. Laporan Dewan Komisaris dan Direksi

Laporan Dewan Komisaris dan Direksi adalah pernyataan tertulis dari Dewan Komisaris dan Direksi mengenai kinerja perusahaan. Sesuai kriteria ARA, perusahaan harus mencantumkan pandangan atas prospek usaha perusahaan, dan juga perubahan komposisi.

  1. Profil Perusahaan

Bab Profil Perusahaan menghadirkan informasi mengenai sejarah dan perkembangan perusahaan. Informasi lain di bab ini adalah nama perusahaan dan bidang usaha perusahaan, riwayat singkat mengenai sejarah dan milestone perusahaan, profil Dewan Komisaris dan Direksi beserta komite-komitenya, informasi mengenai pemegang saham, penyertaan saham atau grup perusahaan, struktur organisasi, penghargaan dan sertifikasi yang dimiliki oleh perusahaan dan lain sebagainya. Untuk menyempurnakan Laporan Tahunan, tampilkan Informasi Umum dan Profil Perusahaan di dalam satu bab untuk memudahkan proses penjurian.

  1. Analisa dan Pembahasan Manajemen Atas Kinerja Perusahaan

Bab Analisa dan Pembahasan Manajemen Atas Kinerja Perusahaan ini merupakan salah satu sumber poin paling tinggi dalam kriteria ARA. Bab ini terdiri dari berbagai sub-bab, diantaranya Analisa Makro Ekonomi, Tinjauan Bisnis dan Tinjauan Per Segmen Operasi.

Yang paling utama dalam bab ini adalah Tinjauan Keuangan yang menampilkan informasi mengenai kinerja keuangan perusahaan, realisasi kinerja keuangan tersebut atas target yang telah ditetapkan pada awal tahun, aspek permodalan, dan aspek prospek usaha perusahaan.

  1. Tata Kelola Perusahaan

Bab Tata Kelola Perusahaan ini juga menjadi penyumbang poin terbesar dalam penilaian Annual Report Awards. Dalam kriteria ARA disebutkan bahwa bab Tata Kelola Perusahaan harus memuat pembahasan mengenai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

  1. Informasi Keuangan

Informasi Keuangan sesuai kriteria Annual Report adalah Laporan Keuangan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik.

Untuk menyempurnakan penyusunan Laporan Tahunan, pihak perusahaan sebaiknya juga memperhatikan keselarasan antara design, layout, dan content. Hal ini bertujuan agar Laporan Tahunan benar-benar memenuhi perannya sebagai media komunikasi yang merepresentasikan suatu perusahaan dengan didukung oleh tampilan desain yang dapat menggambarkan perusahaan, dan disesuaikan dengan corporate identity perusahaan tersebut.