Jurus Jitu Berlibur Hemat di Negeri Koala

Australia merupakan benua termuda di dunia, terletak di belahan bumi bagian selatan Indonesia. Jarak antara Indonesia dengan Australia yang terbilang dekat, menjadikan negeri Koala tersebut menjadi salah satu destinasi yang menjanjikan untuk para wisatawan Nusantara.

Sydney – courtesy of wikipedia

Selain terkenal dengan hewan lucu koala, Australia juga mendapatkan julukan sebagai negeri Kangguru. Banyak tempat-tempat wisata yang bisa dinikmati untuk berlibur di sana.

Kota-kota yang biasa didatangi para wisatawan diantaranya adalah Sydney, Melbourne, Brisbane, dan beberapa kota lainnya mulai dari Perth di bagian barat hingga Hobart yang terletak di Pulau Tasmania di selatan Australia. Kota-kota di negeri ini memang indah untuk dikunjungi, namun banyak orang yang mengurungkan niatnya lantaran biaya hidup yang sangat tinggi.

Memang betul apa-apa serba mahal di negeri Koala ini, dan memerlukan budget yang sangat tinggi. Sebenarnya banyak cara untuk berhemat, berikut jurus-jurus terjitu liburan di Australia dengan budget yang tidak bikin kantong bolong.

  1. Visa

Mengurus Visa Australia cukup mudah. Hal yang terpenting  adalah mempersiapkan segala persyaratan Visa dengan lengkap. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Visa Australia, silahkan kunjungi web VFS Australia untuk Indonesia.

  1. Penerbangan

Rencanakan perjalan jauh-jauh hari untuk memburu tiket promo. Dari Indonesia ke Australia, Anda bisa memilah dan membandingkan maskapai-maskapai yang menawarkan harga tiket yang relatif terjangkau.

  1. Penginapan

Penginapam di kota-kota besar di Australia sangat beragam. Namun jika diurutkan dari yang paling murah, Anda bisa menginap di hostel ala backpacker dengan tarif kamar sesuai kantong dan nyaman.

  1. Makan dan Minum

Autralia sudah mampu mengolah air keran hingga dapat diminum tanpa harus dimasak. Manfaatkan keran-keran ini untuk mengisi botol air minum yang dapat menghemat uang. Untuk makan, karna restoran di negeri Koala tersebut tergolong mahal, akan lebih murah jika memanfaatkan Grocery stores di Australia, terdapat pula Asian Grocery stores yang banyak menyediakan bumbu dapur khas Asia dan juga Indonesia tentunya.

  1. Objek Wisata Gratis

    ACMI in Melbourne- courtesy of expedia.com

Australia mempunyai banyak objek wisata gratis yang bisa dimanfaatkan, diantaranya ada Botanical Garden di Melbourne, aneka museum yang menampilkan pameran dan aneka pertunjukan jalanan yang dapat dinikmati. Jika suka pantai, kunjungi Pantai St. Kilda atau bagi pecinta tekhnologi coba ke ACMI (Australian Centre for the Moving Image), semuanya gratis.

  1. Transportasi

City Circle in Melbourne – courtesy of tripartek.com

Pemerintah Australia menyediakan fasilitas Tram cuma-cuma bagi para turis. Jika ingin gratis, naiklah City Tram Circle untuk wisata, yang akan berhenti di setiap objek wisata.

  1. Internet Gratis

Jangan lupa juga untuk membawa gadget kesayangan karena pemerintah Australia berinisiatif memberikan akses internet secara gratis. Fasilitas ini dapat dinikmati di berbagai lokasi publik maupun perpustakaan.