Happy Death Day

Director/Sutradara: Christopher Landon

Pemeran: Jessica Rothe, Israel Broussard, Ruby Modine

Tanggal dirilis: 18 Oktober 2017

Perusahaan produksi: Blumhouse Productions

courtesy of shaw.sg

Layar bioskop Indonesia tengah diramaikan sebuah film Hollywood berjudul Happy Death Day. Mengusung genre thriller dan fantasi, Happy Death Day menyajikan konsep yang benar-benar unik bagi para pecinta film horor.

Film ini mengisahkan seorang mahasiswi bernama Tree Gelbman (Jessica Rothe), terbangun dan terus menerus mengulang hari ulang tahunnya, kala ia dibunuh di malam harinya. Uniknya, setelah menyadari situasi yang dialaminya, kematiannya pun dilaluinya dengan cara yang berbeda-beda. Hingga pada proses pengulangan yang menyakitkan, dan ia berusaha menyelidiki siapa sebenarnya pelaku pembunuhan terhadap dirinya.

courtesy of The Verge

Sang sutradara Christopher Landon nampaknya mempunyai tujuan untuk menyajikan film thriller yang fun. Di dalam film tersebut kita disuguhi nuansa misterius yang membuat menebak-nebak siapa pelaku pembunuhnya. Alur cerita di film ini sangat mengejutkan dan enjoyable untuk disaksikan.

Karakter dari Tree juga membuat film ini begitu menyegarkan untuk dinikmati meskipun cerita seperti ini sudah berulang kali kita dapatkan. Jessica Rothe melakukan banyak permainan emosi, juga sangat ekspresif.

Namun, dalam perjalanannya, film ini tidak lagi terasa seperti horror. Tree yang dibunuh berulang kali, kemudian mengulang lagi pencariannya, menjadikan seperti permainan video game dengan nyawa yang tidak terbatas. Dan taktik jumpscare nya masih tergolong lemah.

Meskipun demikian, Happy Death Day cukup menghibur. Sangat tidak menyangka mengolah film bergenre  misteri dengan konsep ‘mengulang hari’ menjadi sajian yang ringan.