6 Tips menjaga kesehatan tubuh saat Traveling

courtesy of globehunters

Akhir tahun 2017 akan segera tiba, begitupun juga waktu liburan akhir tahun. Mall-mall di kota besar seperti Jakarta mulai padati para penyedia jasa travel yang menawarkan paket wisata ke mancanegara.

Pada saat traveling tentunya kita sudah menyusun beragam rencana untuk memaksimalkan waktu liburan yang ada. Dan tidak sedikit yang menderita sakit saat berpergian biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak dijaga saat traveling, karena faktor cuaca yang kerap kali berbeda dengan tempat kita berasal,  atau faktor penyebab lainnya.

Akan sangat tidak nyaman apabila seharusnya menikmati waktu berlibur dengan orang-orang tersayang seperti keluarga dan teman-teman. Berikut beberapa tips agar tubuh tetap fit saat traveling;

  1. Perencanaan yang matang

Sebaiknya sebelum berpergian, cari tahu lebih banyak tentang destinasi yang akan didatangi. Seperti cuaca, makanan, dan tempat wisata yang akan dituju juga harus jelas agar tidak kelelahan saat mencari tempat wisata yang tidak pasti atau memakan waktu perjalanan sangat jauh.

  1. Konsumsi makanan bergizi

    courtesy of duniakecantikan

Saat traveling, terkadang lupa akan gizi makanan yang di konsumsi oleh karena itu sebaiknya ketika berada di tempat liburan utamakan konsumsi makanan yang bergizi. Dan jangan sembarangan memilih jajanan karena dikhawatirkan akan membuat kondisi kesehatan terganggu. Agar lebih aman bawalah cemilan sendiri seperti kacang-kacangan, buah segar, dan yogurt.

  1. Minum air secukupnya

Kebutuhan cairan tubuh selama traveling akan lebih banyak dari biasanya. Dianjurkan untuk perbanyak minum air untuk mencegah dehidrasi saat bepergian. Kurang minum air hanya akan membuat tubuh mudah lelah dan mengganggu sistem pencernaan.

  1. Olahraga ringan

courtesy of atlantide phototravel

Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan di manapun selama traveling, antara lain berjalan kaki ke tempat wisata yang dekat dari penginapan atau bisa lakukan push up, sit ups, squat, jumping jack, dan masih banyak lagi.

  1. Bawa vitamin

Untuk menunjang kesehatan tubuh, memerlukan asupan vitamin selama traveling. Suplemen itu bisa membantu Anda mempertahankan sistem imun sehingga tidak gampang tertular penyakit.

  1. Istirahat yang cukup

Traveling akan banyak mengeluarkan tenaga, jadi tetap usahakan untuk tidur tidak kurang dari 6 jam agar kondisi tubuh tetap fit.